Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Ebenhaezer & Nazar


Khotbah Ibadah Tutup Tahun (31 Desember 2009)
1.  EBEN-HAEZER  artinya “Sampai di sini TUHAN menolong kita.”
Kita harus membuat  pengakuan yang tulus, bahwa hanya oleh karena pertolongan Tuhan, hari demi hari dari 365 hari di tahun 2009 kita dapat jalani dengan baik dan mengakhirinya bersama dengan TUHAN. 1 Samuel 7:12  Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben- Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.” Mari kita teladani nabi Samuel ini dengan berkata: Eben-Haezer – Sampai di sini TUHAN menolong kita. Dalam Mazmur 121:2, Daud berkata: Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. Dalam kitab 2 Korintus 9:15, R. Paulus berkata:  Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu! Ini semua memaknakan: Eben-Haezer – Sampai di sini semua hanya oleh pertolongan TUHAN.
2.  NAZAR artinya menyatakan janji kepada TUHAN.
Setelah kita berkata EBEN-HAEZER, maka sebaiknya kita berkata aku pun akan BERNAZAR kepada TUHAN. Bernazar artinya menyatakan komitmen, membaharui penyerahan kita kepada TUHAN untuk di tahun 2010. TUHAN menantikan hal seperti ini. TUHAN berharap anak-anakNya menyatakan rasa kasihnya kepada-Nya dalam bentuk NAZAR. TUHAN selalu merindukan itu. Orang-orang hebat dalam Alkitab adalah orang-orang yang berani bernazar. Inilah contoh orang-orang “hebat” dalam Alkitab yang berani bernazar kepada TUHAN.
Yakub dalam Kejadian 28:20  Lalu bernazarlah Yakub: “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadaku roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai, 21 sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka TUHAN akan menjadi Allahku. 22 Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu.” Yosua dalam kitab Yosua 24:15, berkata: Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” Yefta dalam Hakim-hakim 11:29-40. Hana di kitab, 1 Samuel 1:11. Ayub dalam kitab Ayub 1:20-22. Daud dalam Mazmur 116:2, berkata; … seumur hidupku aku akan berseru kepada-Nya. Daniel bernazar di kitab Daniel 1:8. Zakeus dalam Lukas 19:8, berkata: …”Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” Paulus di 1 Korintus 9:16; Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. Dalam Kisah P Rasul 20:24, dia nyatakan lagi:  Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.
Ingatlah 2 hal ini: setelah berkata EBEN-HAEZER maka TUHAN menantikan kita menyatakan NAZAR kita kepada-Nya. TUHAN kita  adalah TUHAN yang merindukan hubungan yang manis, hubungan yang akrab, hubungan yang penuh dengan gairah-gairah rohani. Bernazar adalah buah dari suatu gairah rohani.
– Pdt. J.H. Gurning –
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.