Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Yesus, cukup bagiku!


Saat Teduh (Jumat, 4 Desember 2009)

Lukas 2:25-32 Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya, (26) dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan. (27) Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat, (28) ia menyambut Anak itu dan menatang-Nya sambil memuji Allah, katanya: (29) “Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, (30) sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, (31) yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, (32) yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa-bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umat-Mu, Israel.”

Kelahiran Kristus Yesus sudah dibuatkan ribuan tahun sebelum Tuhan menggenapinya. Kedatangan Mesias, Sang Juruselamat, Raja Israel, Tunas Daud sangat dinanti-nantikan oleh bangsa Israel dan dalam bacaan di atas termasuk juga Simeon.

Simeon adalah seorang yang sungguh-sungguh menantikan penghiburan bagi Israel, dan oleh karenanya ada anugerah khusus atasnya. Roh Kudus sudah menyatakan kepadanya bahwa dia tidak akan mati sebelum melihat Yesus – Sang Mesias itu. Saya sungguh dapat membayangkan bagaimana sukacitanya hatinya, bagaimana dia merasa hidupnya telah sempurna ketika di tangannya, ada di pangkuannya, yang sedang dia gendong adalah Mesias – Penghibur Israel yang dinanti-nantikannya.

Lalu kalimat-kalimat pujian dan doa meluncur dari mulutnya. Sebuah pernyataan yang indah, Simeon seperti sedang mengatakan, “hidupku sudah sempurna, aku sudah tidak memerlukan nyawaku lagi, aku sudah tidak perlu dunia ini, aku sudah melihat Yesus – yang jauh lebih dari cukup bagi hidupku”.

Saat Anda sedang menyambut kelahiran Tuhan Yesus Kristus hari-hari ini. Apakah Dia sudah lebih cukup bagi Anda?

— Ditulis oleh : Martianus —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s