Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Kaya oleh kemiskinan Tuhan Yesus


Saat Teduh (Selasa, 29 Desember 2009)

“Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya” (2 Korintus 8:9)

Ketika kita berpikir tentang Allah, kita berpikir tentang Yang Mahaperkasa dan Mahakaya atas seluruh alam semesta. Tapi apakah Anda tahu bahwa Tuhan kita Yesus Kristus dilahirkan dalam sebuah keluarga miskin? Ketika Maria dan Yusuf menyerahkan Yesus ke Bait Suci (Lukas 2:22-24) mereka membawa sepasang perkutut atau burung merpati muda, yang merupakan satu-satunya jenis persembahan orang miskin (Imamat 12:2, 8).

Tetapi dengan keberadaan Yesus dalam hidup mereka, Maria dan Yusuf suaminya tidak tetap miskin. Orang-orang majus datang kepada Yesus dengan mempersembahkan harta berharga, “Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur” (Matius 2:11).

Kehadiran Yesus membawa emas, kemenyan dan mur — yang merupakan rempah-rempah yang paling mahal — untuk keluarga-Nya. Orang-orang majus pasti datang dengan rombongan yang besar untuk Alkitab mencatat bagaimana seluruh Yerusalem terkejut ketika orang-orang majus datang ke kota (Matius 2:3). Dapatkah Anda bayangkan jumlah emas, kemenyan dan mur yang dibawa rombongan itu, dan yang diberikan kepada Yusuf dan Maria?

Saudara-saudara, saat Anda dilahirkan kembali, Anda memiliki Yesus dalam hidup Anda. Dan ketika Anda memilik-Nya dalam hidup Anda, bersiaplah untuk kelimpahan”emas” yang akan datang kepada Anda! Tapi jangan melihat kepada emas, lihatlah ke Yesus — Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan (Ulangan 8:18). Kehadiran Anak Allah yang hidup dalam hidup Anda menarik kemakmuran. Karena rahmat-Nya kepada kita, Yesus, meskipun Ia kaya, dibuat miskin di kayu salib untuk kepentingan Anda sehingga “Anda menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya”.

Saudara-saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus, ketika Anda memiliki Yesus dalam hidup Anda dan ketika Anda tahu, bahwa Ia telah membayar harga untuk kemakmuran Anda, Anda dapat dengan berani menyatakan, “Yesus dibuat miskin di kayu salib demi aku sehingga melalui kemiskinan-Nya, saya dibuat kaya segala sesuatu! ”

— Ditulis oleh : Martianus —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s