Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Berjaga-jagalah dan Berdoalah Supaya Kamu Jangan Jatuh Ke Dalam Pencobaan (bagian 3)


Apakah Doa Itu?

Doa adalah napas rohani. Jika Alkitab merupakan vitamin bagi rohani, maka doa adalah napasnya. Doa itu sangat penting bagi kehidupan. Doa memberikan kehidupan kepada tubuh rohani. Kita dapat hidup beberapa hari tanpa makanan, tetapi kita tidak bisa hidup jika kita tidak bernapas sekitar 5 menit saja. Biasanya kematian rohani lebih banyak diakibatkan kedua hal ini. Ada orang Kristen yang mati karena kekurangan udara sekalipun perutnya kenyang. Ata ada yang mati karena kekurangan makanan saat dia masih bernapas dengan baik. Keduanya sangat penting. Alkitab sangat penting bagi kita dan sebagaimana doa juga sangat penting.

Doa adalah percakapan dengan Tuhan. Dalam doa kita bercakap-cakap dengan Bapa. Doa bukan sekedar permintaan atau permohonan, melainkan suatu percakapan yang penuh dengan keakraban. Kebiasaan Yesus pada masa hidup-Nya adalah pergi ke tempay yang sunyi, pergi ke atas gunung untuk berdoa dan terus berdoa bahkan kadanag-kadang sepanjang malam. Yesus melakukannya untuk bercakap-cakap dengan Bapa-Nya. Yesus benar-benar bercakap-cakap dengan Bapa. Itulah yang Bapa inginkan. Bercakap-cakap dalam keakraban ilahi dengan anak-anak-Nya. Maka marilah kita jalani doa bersama dengan Allah.

Doa adalah ibadah. Ibadah artinya suatu pengabdia nyata kepada Tuhan karena Dia adalah Tuhan. Ibadah bukan sekedar kegiatan ritual agamawi. Ibadah adalah persekutuan antara Allah dengan umat-Nya. Maka jika kita berdoa, berbicaralah dengan-Nya dan jangan sampai mengubah waktu yang sangat indah itu menjadi semacam kegiatan ritual belaka.

Doa adalah otot rohani. Doa adalah otot, kekuatan, dan senjata yang ampuh untuk melawan keunggulan-keunggulan setan. Bila kita berdoa, maka kita sedang berserah pada otot Allah dan menerima kekuatan-Nya yang ajaib. Kalau otot jasmani kita kuat, maka otot rohani kita juga harus terus dibangun kekuatan-Nya. Di situlah terletak kekuatan kita. Doa adalah kekuatan.

Doa adalah kunci. Artinya doa adalah kunci untuk semua aspek kehidupan. Doa adalah kunci untuk segala masalah kita. Tidak ada masalah yang tidak layak didoakan. Tidak ada masalah yang tidak membutuhkan doa.

UNTUK KELANGSUNGAN HIDUP YANG SEHAT DAN BAIK, MAKA DOA ADALAH SEGALANYA BAGI ORANG PERCAYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s