Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Makna Doa Bagi Para Pendoa


Inilah kesaksian orang-orang yang hidupnya memberi hasil bagi Allah, yang memberi bukti tentang pentingnya doa, dan yang doanya telah menghasilkan berkat yang besar.

1. Marthin Luther — pemrakarsa Reformasi di Jerman

“Doa adalah hal yang paling penting dalam hidup saya. Kalau saya lalai berdoa satu hari saja, saya akan kehilangan banyak api iman.”

2. John Knox — pemimpin Reformasi di Skotlandia

John Knox dapat memohon, “Ya Allah, berilah kepadaku Skotlandia, kalau tidak aku akan mati”. Allah memberikan Skotlandia kepadanya, dan kemahsyuran John Knox sebagai seorang pendoa syafaat begitu menyolok sehingga “Bloody Marry” (Ratu Skotlandia) mengaku bahwa ia lebih takut terhadap doa-doa John Knox daripada terhadap sepasukan tentara.

3. John Wesley — pemimpin Pembaharuan Metodis Inggris

“Begitu banyak hal yang harus saya kerjakan sehingga saya harus menghabiskan beberapa jam untuk berdoa sebelum saya sanggup mengerjakannya”.

4. Charles Spurgenon — dikenal sebagai Pengkhotbah Ulung

“Kita boleh yakin apapun yang telah Allah tonjolkan dalam Firman-Nya, dan itu Ia maksudkan agar nyata dalam kehidupan kita. Jika TUHAN telah berbicara banyak tentang doa, itu adalah karena TUHAN tahu bahwa kita banyak memerlukannya. Begitu hebatnya keperluan kita sehingga sampai kita berada di Sorga, kita tidak boleh berhenti berdoa. Orang-orang Kristen yang hidup tanpa doa adalah orang Kristen yang berjalan tanpa Kristus.”

5. George Meuller — seorang yang penuh iman.

Diperkirakan bahwa ia telah “berdoa sehingga memperoleh” 4 juta dollar selama hidupnya untuk menyokong anak-anak yatim piatu — “Setelah saya diyakinkan bahwa sesuatu hal adalah benar, maka saya terus berdoa untuk hal itu sampai berhasil. Saya tidak pernah menyerah! Ribuan jiwa telah diselamatkan sebagai jawaban atas doa-doa saya. Hal yang paling penting adalah jangan sekali-kali menyerah sebelum ada jawabannya. Kesalahan besar  anak-anak Allah adalah karena mereka tidak terus menerus berdoa; mereka tidak melanjutkan berdoa; mereka tidak tekun berdoa. Jika mereka menginginkan sesuatu untuk kemuliaan Allah, mereka harus berdoa sampai mereka memperolehnya”.

6. R.A. Torrey — Peninjil terkenal pada zamannya

“Doa dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan Allah, dan karena Allah dapat melakukan apa saja, maka doa itu juga mahakuasa. Tidak seorangpun dapat melawan orang yang tahu bagaimana berdoa, yang memenuhi segala persyaratan doa yang kuat, dan yang sungguh-sungguh berdoa. Tuhan Allah Yang Mahakuasa bekerja untuk dia dan melalui dia”.

7. Billy Graham — Penginjil yang penuh kuasa

“Setiap orang yang terkenal dalam pekerjaan gereja atau pun Kerajaan Allah adalah orang yang rajin berdoa. Saudara tidak boleh terlalu sibuk sehingga Anda akhirnya lalai untuk berdoa. Seorang Kristen yang tidak berdoa adalah orang Kristen yang tidak mempunyai kekuatan”.

Kamus Concise Oxford mendefinisikan doa sebagai suatu “permohonan sungguh-sungguh kepada Allah”. Kemudian kamus Alkitab menambahkan bahwa doa juga mencakup “… persekutuan dengan Allah”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s