Cinta Tuhan, Rendah Hati, Jujur, dan Rajin

Diawali dengan MANIS, Diakhiri dengan INDAH


Khotbah Ibadah Raya di GSJA Batu Tulis (Minggu, 28 Maret 2011)

Ada 3 tokoh yang sangat terkenal dalam sejarah perjalanan Israel dari Mesir ke Kanaa: Musa, Yosua, dan Kaleb. Kalau ketiga tokoh ini diurutkan dengan kebesaran nama-nya, demikianlah urutannya: Musa, Yosua, dan Kaleb.

Tetapi ketiganya memiliki catatan hidup yang berbeda:

  • Musa mengawali dengan “mujizat-spranatural” (Kel 3:2), tetapi mengahkiri dengan “kegagalan”. Ulangan 34:1-4
  • Yosua mengawali dengan “otoritas” (Bil 13:8; Yos 1:1-3), tetapi mengakhiri dengan “biasa-biasa”. Yosua 24:29-30
  • Kaleb mengawali dengan “manis”, dan mengakhiri dengan “indah”. Kaleb memulai sejarah hidupnya dengan indah waktu ia terpilih dari antara suku Yehuda dari antara kaumnya untuk mengintai tanah Kanaan, (Bilangan 13:6) dan Kaleb pun mengakhiri kisah hidupnya dengan indah kala Yosua menyerahkan Hebron kepadanya dan kepada keturunannya, Yosua 14:13-14; Habakuk 1:20.

Perjalanan hidup Kaleb ini saya sebut “diawali dengan indah, diakhiri dengan manis”. Tidak banyak yang seperti Kaleb. Adam, Abraham, Daud, Saul, Salomo, tidak seindah Kaleb.

Ada beberapa sebab mengapa Kaleb dapat mengakhiri hidupnya demikian:

1. Kaleb konsisten membangun iman dan pandangannya kepada TUHAN dan perjanjian-Nya.

Yosua 14: 12  Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.” 13  Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.

Cf: Bil 14:6  Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, 7  dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. 8 Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

2. Kaleb konsisten mengobarkan semua kekuatannya mengikuti pimpinan TUHAN.

Yosua 14:10  Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; 11  pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.

Cf: Bil 14:9 Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.”

3. Kaleb konsisten menjaga pengabdian hatinya kepada TUHAN.

Yosua 14:12  Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN.” 13 Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. 14 Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati. 15  Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Cf: Bil 14:24  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s